Selasa, 28 Juli 2009

Passing (Mengumpan)

Nama : Dony Kusuma Ariwibawa
NIM : 6101408050
Prodi : PJKR
TUGAS BASKET III
Passing
(Mengumpan)

Umpan yang tepat adalah salah atu kunci keberhasilan serangan sebuah tim dan unsur penentu tembakan-tembakan yang berpeluang besar mencetak angka.
Tujuan mengumpan adalah untuk mendekatkan bola pada daerah lawan sehingga mampu mencetak angka ke daerah lawan.
Dalam mengumpan perlu diperhatikan sikap yang dibentuk sebelum memberikan bola kepada teman satu tim yaitu posisi awal mengumpan adalah triple threat.
Kemudian posisi melempar bola adalah tangan langsung melecutkan bola ke teman satu team tanpa mengangkat bola sejajar kepala terlebih dahulu. Posisi akhir tangan adalah menghadap ke arah luar. Dengan putaran bola memutar ke belakang top spin agar hasil bola yang diperoleh adalah datar sesuai dengan lecutan ynag diinginkan.
Beberapa jenis passing / mengumpan adalah sebagai berikut:
1. Chest Pass (Umpan Dada)
Adalah mengumpan kepada teman satu team sejajar dengan dada target yang akan diumpan.
2. Bounce Pass ( Umpan Pantul)
Adalah mengumpan bola kepada teman satu team dengan memantulkan ke atas lantai dengan jarak pantulan tiga perempat bagian jarak kita dengan target yang akan diumpan.
3. Overhead Pass (Umpan Atas Kepala)
Adalah mengumpan bola kepada teman satu team dengan mengangkat bola di atas kepala kita tetapi arah bola tepat pada dada target yang diumpan.
4. Side Pass (Umpan Samping)
Adalah mengumpankan bola kepada teman satu team dengan satu tangan dimana bola yang akan kita umpankan berada disamping kita dengan boal ditargetkan pada dada teman.
Pada side pass kita bias menggunakan umpan berupa Chest Pass, Bounce Pass, Overhead Pass.
Posisi setelah menerima bola adalah melangkahkan kaki ke depan untuk menghampiri bola(jika tidak sampai), Kaki ke belakang untuk meredam kelajuan bola dengan posisi bola berada dibelakang kita.
Latihan yang digunakan dapat dilakukan dengan menggunakan barisan yang berada pada sudut-sudut pada setengah lapangan. Mengumpan silang dengan satu atau dua bola untuk koordinasi tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

photone ane

photone ane
pitcure